Selamat Datang - Welcome to My Blog - 어서오세요 여러분 - أَهْلَنْ وَسَهْلَنْ

Thursday, July 4, 2013

Mudik Lebaran Asyik pake NewKube MP3

Tidak terasa, kita umat muslim terutama di Indonesia, akan kedatangan bulan Suci Ramadhan.
Dan yang pasti, selama bulan Ramadhan nanti, kita yang beragama islam diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh.
Selama sebulan, kita tidak hanya diharuskan untuk menahan rasa haus, lapar, tetapi kita juga diharuskan untuk mengendalikan hawa nafsu kita.
Setelah sebulan berpuasa, nantinya kita akan ditemukan dengan Hari Kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri.

Udah lumrah bagi umat islam, bahkan tiap tahun menjalankan tradisi mudik lebaran menjelang hari raya Idul Fitri.
Percaya atau tidak, cuman di Indonesia yang ada tradisi mudik lebaran loh!
Soalnya banyak pendatang atau peserta urbanisasi yang pulang ke kampung halamannya untuk bersilaturahmi bersama keluarga.
Tiap lebaran, aku hapal banget klo di berita-berita, pasti banyak informasi mudik lebaran, pesan tiket, tiket kereta yang ludes bahkan sebulan sebelum hari H lebaran, tiket yang naik dua kali lipat, macet sampe berkilo-kilo, stasiun-terminal-bandara yang rame banget, sampe-sampe banyak posko mudik lebaran di sepanjang jalur mudik.

Klo yang mudiknya cuman di dalam kota, atau bahkan satu desa, pastinya nggak bakalan ada cerita kena macet di jalan sampe berjam-jam.
Tapi gimana klo yang mudiknya lintas kota, provinsi, bahkan pulau?
Fiuuh… capek di jalan, bête karena macet, bahkan ada yang nyampe kampung halaman sehari setelah hari Raya Idul Fitri.
Dan akhirnya rencana buat ketemu sama keluarga besar di kampung halaman jadinya batal. Soalnya sepupu-sepupu, ponakan, sama paman udah pada balik ke rumah masing-masing.




Bagi yang mudiknya lintas kota dalam provinsi, lintas provinsi, atau bahkan ada yang sampe keluar jawa, kudu-mesti-wajib-nggak boleh nggak harus persiapan ekstra pas liburan mudik.
Mulai dari amunisi bahan bakar kendaraan, kondisi mobil, obat-obatan pribadi, bahkan makanan (ini buat yang bawa mobil pribadi loh ya).
Klo yang mudiknya pake kendaraan umum kayak kereta api atau bis, tentu beda persiapannya, soalnya aku udah pernah merasakan keduanya.
Klo mudik naik kapal atau pesawat, aku belum bisa share, soalnya emang belum pernah, hehehe..
Aku kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Bogor, jadi tiap tahunnya aku selalu sibuk sama mudik lebaran ke kampung halamanku di Jawa Timur.
Karena di Bogor aku nggak punya saudara, jadi klo mudik lebaran biasanya mudik barengan rombongan mahasiswa yang tujuannya Jawa Timur, entah itu naik kereta atau bus.
Aku mau share pengalaman liburan mudik naik kereta api nih, karena dibandingkan mudik pake bis, kereta api adalah yang paling nyaman dan nggak bikin terlalu capek.

Jadi, hal terpenting sebelum mudik naik kereta api adalah booking tiket donk..
Seperti yang udah ku ceritakan di atas, sejak ditetapkan pembelian tiket kereta jarak jauh yang harus dipesan sebelumnya, sebulan sebelum hari raya Idul Fitri, aku udah ngumpulin teman-teman yang mau mudik ke Jawa Timur.
Setelah tau jadwal libur kuliah, langsung aja tetapin tanggal mudik dan booking tiket.
Klo tanggal mudiknya nggak dipastiin, sayang banget klo harus refund tiket, soalnya pas di stasiun aja udah ngantri banget -____-"

Ada sedikit tips mudik lebaran naik kereta api nih :
  •  Jangan membawa banyak barang, karena meskipun kamu mudiknya rombongan, kamu-lah yang bertanggung jawab penuh sama barang bawaan pribadimu. Nggak mungkin juga kan, temenmu yang bawain barang kamu (aku aja jarang bawa oleh-oleh klo mudik, soalnya males bawa berat-berat, hihiihi)
  • Simpan barang-barang berharga seperti dompet dan gadget di tempat aman di dalam tas. Bawa uang seperlunya saja di kantong baju atau celana buat beli makanan di atas kereta, atau ongkos bis setelah sampai di stasiun.
  • Jangan mengumbar HP atau gadget canggih di dalam kereta, karena kita kan nggak tau klo ada mata jahil yang mungkin tiba-tiba tertarik sama milik kita (pengalaman pernah dijambret di kereta). Lebih baik waspada daripada lengah.
  • Pas malam, usahakan tas pribadi dipegang dan dijaga masing-masing. Biasanya kereta berhenti di stasiun besar, dan penjual asongan bisa dengan leluasa keluar masuk kereta loh.
  • Bawa bekal makanan, karena malammu akan terasa panjang di kereta. Apalagi klo rombongan mudiknya sama temen-temen kuliah. Bakalan rame se-gerbong, soalnya diisi sama anak sekampus semua, hahha...
  • Jangan lupa bawa mukenah, kaos kaki, atau celana bersih buat sholat di kereta. Ini penting loh, sebagai seorang muslim, ga lupa sama kewajiban. Air buat wudhu juga banyak dan kamar mandinya bersih, jadi jangan malas ya.... ^^
  • Naah…. Klo lagi bête, biasanya ada yang bawa Buku bacaan, mau bawa novel, cerpen, majalah, Koran, bahkan Teka Teki Silang juga boleh J. Klo ada yang males baca, ada satu solusi lagi yang bisa bikin pikiran adem dan yang pasti kepala bisa ikutan goyang :D. Dengerin MP3!!!
Tambah siip lagi, dengerin MP3-nya pake newKube!!
Walaupun ukurannya mini, suara super Nge-Bass Boo!!
Klo dengerin lagu dari newKube MP3, kamu nggak perlu takut Low Batt.
Soalnya hanya dengan nge-cas selama dua jam, kamu bisa full dengerin MP3 sampe 6 jam nonstop loh!! 
Selain itu, kamu nggak perlu dengerin MP3 dari HP sehingga lumayan bikin baterai awet. 
Walaupun ukurannya mini, newKube bisa nyimpen lagu sampai 8000-an loh!
Klo kayak gini mah, nggak usah bingung bakalan bête n bosen selama mudik lebaran ^^..
Ukuran newKube yang mini, pas banget dibawa selama perjalanan mudik, jadi orang-pun nggak akan ngeh sama MP3 newKube yang dikalungin di leher atau dimasukin ke kantong baju. 
Warna-warna newKube juga nggak kalah menarik dan unik loh, buat kamu-kamu yang penasaran sama spesifikasi dan warna-warnanya, bisa lihat di website resmi newKube nih, di www.newkube.co.id
So, buat kamu-kamu yang lagi persiapan mudik lebaran jangan lupa persiapkan segala sesuatunya biar perjalanan jauhmu nanti tetap aman, nyaman, dan selamat sampai di kampung halaman.
Selamat menyambut bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri kawan… ^^ 

No comments:

Post a Comment