Selamat Datang - Welcome to My Blog - 어서오세요 여러분 - أَهْلَنْ وَسَهْلَنْ

Friday, September 9, 2011

Apakah Halal Bihalal termasuk Bid'ah?

     Secara bahasa, halal bihalal adalah kata majemuk dalam bahasa Arab dan berarti halal dengan halal atau sama-sama halal. Tapi kata majemuk ini tidak dikenal dalam kamus-kamus bahasa Arab maupun pemakaian masyarakat Arab sehari-hari. Masyarakat Arab di Mekah dan Madinah justru biasa mendengar para jamaah haji Indonesia, dengan keterbatasan kemampuan bahasa A...rab mereka bertanya ‘halal?’ saat bertransaksi di pasar-pasar dan pusat perbelanjaan.          Mereka menanyakan apakah penjual sepakat dengan tawaran harga yang mereka berikan, sehingga barang menjadi halal untuk mereka. Jika sepakat, penjual akan balik mengatakan “halal”. Atau saat ada makanan atau minuman yang dihidangkan di tempat umum, para jamaah haji biasa bertanya “halal?” untuk memastikan bahwa makanan / minuman tersebut gratis dan halal untuk mereka.
         Kata majemuk ini tampaknya memang ‘made in Indonesia’. Kata halal bihalal justru diserap Bahasa Indonesia dan diartikan sebagai “hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dsb) oleh sekelompok orang dan merupakan suatu kebiasaan khas Indonesi" Halal bihalal dengan makna seperti di atas juga tidak ditemukan penyebutannya di kitab-kitab para ulama. Sebagian penulis dengan bangga menyebutkan bahwa halal-bihalal adalah hasil kreativitas bangsa Indonesia dan pribumisasi ajaran Islam di tengah masyarakat Indonesia. Namun, dalam kaca mata ilmu agama, apakah hal seperti ini justru patut dipertanyakan ??? karena semakin jauh suatu amalan dari tuntunan kenabian, ia akan semakin diragukan keabsahannya. Islam telah sempurna dan penambahan padanya justru mengurangi kesempurnannya....( alkisah dari sedulur yang tak mau disebutkan namanya)
Comment :
Mift Hoed saya kira itu adalah salah satu produk budaya. setiap daerah punya hal-hal seperti itu. halal bi halal hanya sebuah nama untuk sebuah ceremoni so..dimana kita berkumpul dalam sebuah majlis untuk memperat tali silaturahmi dengan saling memafkan di hari yg fitri..
Khoiri Alawy Iya betul, halal bihalal cuma sebuah nama/istilah indonesia yang pada hakikatnya adalah silaturrahmi dan saling memaafkan..
Source : http://www.facebook.com/editprofile.php?sk=contact&success=1#!/groups/syaefoeadalfaqr/  

No comments:

Post a Comment