Selamat Datang - Welcome to My Blog - 어서오세요 여러분 - أَهْلَنْ وَسَهْلَنْ

Sunday, January 8, 2012

Berbekal Keyakinan dan Do'a >> YAkin ada Jalan (Part I)

    Hari itu, di pertengahan bulan November.... sekitar tanggal 22 November 2011...aku diberikan tugas untuk presentasi hasil abstrak penelitian yang sudah ku kirimkan atas rekomendasi dosen pembimbing skripsiku...
Dan yang bikin surprise adalah, presentasi yang harus aku tunjukkan adalah presentasi hasil karya tulis ilmiah, dimana korespondennya adalah para peneliti, balitbang, dosen, dan profesor yang jelasnya ahli di bidang HOrtikultura.
    Sebenarnya, presentasi ini adalah rangkaian dari Seminar Perhimpunan Hortikultura Indonesia... jadi jelasnya, pesertanya dari seluruh Indonesia... woou...
dari temen se-jurusan, sebenarnya ada satu orang yang lolos untuk presentasi juga.. trus ada juga tambahan 3 orang lainnya, tapi mereka panitia........
Nah, yang jadi masalah sekarang adalah....

>> tempat presentasi di Lembang... dan acaranya 2 hari.. (jadi, mau nggak mau harus nginep)
>> aku sama sekali belum pernah ke lembang....dan nggak tau jalan....
>> belum ada gambaran sama sekali seperti apa acaranya, naik apa, angkotnya yang jurusan apa...
>> temen-temenku yang di Bandung kosannya pada jauh dari Lembang.....
>> sebenarnya bisa barengan sama dosen pembimbing skripsi, cuman karena beliau udah nyarter mobil sama dosen lain, jadi aku ya nggak bisa ikut campur... (sungkan euy.....)
>> dan ketika aku memutuskan untuk naik kendaraan umum (ceritanya udah janjian sama temenku untuk barengan ke Lembang), temenku membatalkan untuk naik travel dan memutuskan untuk tidak menginap...
>> I'm really alone and must go to there by myself.... (but it a must, coz.. my instructor have paid the cost of seminar)...
   Akhirnya tanggal 24, aku berangkat dari kosanku tercinta menuju terminal Baranangsiang....
Setelah bertanya kesana kemari tentang rute dari Leuwipanjang-Lembang lewat SMS ke "siapa saja" yang mungkin tau..... berbekal "Tekad", "bismillah", dan "restu dari ibu" (biasanya ibu nggak akan mengijinkan klo aku pergi di perjalanan jauh apalagi sendirian plusbelum pernah tau jalan kesana) >> tapi "alhamdulillah" ya... tapi tetap diijinkan juga....
 CCaoo... akhirnya berangkat juga.....
Sebenernya, aku sedikit khawatir juga si... sendirian berangkat, takutnya ditipu orang... tapi...Yakin aja deh...
"innalllaha Ma'ana.." akan ada Allah yang akan selalu menjaga .... asalkan niat sudah lurus... dan kemanapun pergi, niat tetap baik...


Perjalanan dari terminal Baranangsiang-Leuwipanjang membutuhkan waktu selama 3 jam....
>> heran juga kenapa nggak bosen sepanjang perjalanan ini .....
>> MP3, nggak nyalain....
>> sepanjang jalan, hanya lihat jalan tol yang ngebosenin sangadh sebenernya....
>> SMS ... Nggak ada yang di sms...
>> Online di Facebook... >> kagak ada pulsa...
>> biasanya aku pasti tidur klo naik AC plus perjalanan yang lama...
>> mungkin.. sangking gugupnya mau nyampe lembang (takut nyasar and bisnya nggak berhenti di terminal tujuan)... kayaknya ini salah satu hal yang membuat aku cemas dan nggak bisa tidur.... 
DDaaaeng ......!!
Kecemasanku akhirnya nggak terbukti setelah aku bener-bener sampai di terminal Leuwipanjang....
Naah...agak bingung juga sekarang....
>>> Masalahnya aku sudah lupa seperti apa terminal Leuwipanjang sekarang... (sudah 2 tahun berlalu sejak aku pertama kali ke Bandung.....)
>>> Bener-bener nggak tau dimana pintu keluar, tempat angkot, tempat Damri....
>>> Sempet BLAnK juga pas awal turun dari Bis.... Bingung mau kemana.....
>>> Akhirnya kuputuskan untuk mengikuti kata Hatiku.... dan aku melihat situasi...
>>> Akhirnya aku mengikuti orang-orang berjalan..... dan.... tanpa kusadari...
    akhirnya aku melihat Bus DAMRI yang ku cari-cari.....
 alhamdulillaaaaah ya Allah..... (pengen Sujud Syukur.... tapi masalahnya lagi di aspal dan banyak orang...)
>> Bus DAMRI yang cuma sebiji dengan kondisi yang hampir penuh.... oh No...!!!
Aku harus naik dengan cepat..... (setelah memastikan jurusan yang tertulis di belakang bus >> LEdeng << ) dengan mantap aku naik ke bus mini ini....
>> Dengan cepat... aku melihat-lihat bangku yang kosong... dan mataku tertuju di bangku belakang...sebelah kiri...dan langsung duduk tanpa melihat siapa yang disebelah... hehhe


>> dan... ternyata yang duduk disebelahku adalah kakek-kakek....(mending daripada pemuda yang rese')..
>> Untuk memastikan sekali lagi, aku bertanya ke kakek "pak..ini bisnya ke jurusan Ledeng kan ya?"
>> Kakek : "4%#*&*(*((8*, neng... %$#89)))&*&^>>)##..." (Bahasa sunda bukan sunda Bogor : Red)
>> Aku hanya bisa mengangguk-angguk mengiyakan dan meyakinkan diri klo bus ini benar-benar menuju terminal Ledeng....(nyerah deeh.. klo disuruh ngomong sunda-an Bandung... >> teu ngartos pisan abdi mah...)
>> tiba-tiba ada sesosok orang yang lewat sambil bawa bungkusan Roti Unyil Venus... (huuu....jadi inget Bogor deh....)
>> Dan sepanjang perjalanan, yang membuat terharu adalah dosen pembimbing skripsiku selalu bertanya aku udah sampai mana, dengan siapa, naik apa..... (yang pertanyaan kedua terakhir nggak ditanyain kok...>>>> kkkkk terlalu lebay....)


>> setelah menunggu 30 menit....akhirnya bis Damri satu-satunya yang menuju Ledeng berangkatlah sudah...
>> sepanjang perjalanan.....
>> i Can't sleep...  nge-galau lagi....takut nggak turun di terminal Ledeng...
>> kapan sampainya.... mana bisnya lelet...dan dosenku udah sampai di tempat... apalagi temenku...
>> huu.....setelah lama menunggu di dalam bis... akhirnya satu jam kemudian....
>> Loh... kok berhentinya nggak di terminal?? aku nyari-nyari tulisan Terminal ledeng... tapi tak nampak juga....(mulai bingung.....)
>> karena sama kernetnya disuruh turun... aku akhirnya ikut turun juga...
>> karena bingung akhirnya aku tanya "pak.. itu angkot yang di depan kemana?? ke arah Balitsa nggak??"
>> Kernet : "Balitsa? yang sebelah mana ya neng?"
>> Aku : "gubrak.... Balai penelitian sayuran pak... di Lembang.."
>> Kernet : (wajah Bingung). "oh iya neng... angkotnya ke lembang"

>>  Tiba-Tiba...
Bapak-Bapak yang tadi bawa plastik roti unyil tanya ke aku...
>> B : "Mbak mau ke Balitsa juga??"
>> A : "oh..iya pak... bapak juga ya??" (serasa menemukan teman seperjuangan yang lama nggak ketemu)
>> B : "(si bapak tersenyum), pasti mau ikut seminar ya?"
>> A : (duuuh...bapak udah tau juga nanya) "hee..iya pak, ayo naik angkot itu pak..". "Bapak tau Balitsanya kan?"


>> B : (si bapak tersenyum lagi)...
>> A : (artinya apaan ya... dari tadi senyum-senyum mulu pas ditanya.... saya butuh jawaban paaak....)
Akhirnya aku memasrahkan segalanya ke bapak...
>> sepanjang perjalanan menuju BAlitsa, kami mengobrol..... dan akhirnya terungkaplah sebuah cerita...


>> ceritanya itu... BApak itu sebenarnya sudah ngelihat aku naik bis sejak dari terminal Baranangsiang (dan taunya dari apa Hayo...??)
>> kkkkk.... dari JAket Faperta yang aku pake, ada tulisan AGRICULTURE gede di bagian punggung dan ada logo Faperta di bagian depan.... (merasa beruntung dikenali orang cuma dari jaket)...


>> sebenarnya si Bapak mau menyapa duluan, tapi masih belum yakin tujuanku kemana...
>> dan...ternyata aku satu bis sama bapaknya... heu....
>> dan setelah di DAMRI pun... orang yang aku lihat bawa roti unyil ternyata bapak yang sama...
>> dan ternyata klo aku tau sejak dari awal... perjalananku ke Lembang, itu tidak sendirian.... (terima kasih ya Allah.... ternyata aku selalu dijaga... dan ketika aku ada masalah.... ada yang menolong...)
>> Ceritaku belum berakhir kawan.....^^
>> sebenarnya di dalam angkot, aku bingung.. kenapa Balitsa jauh banget ya...
 (jangan-jangan aku nyasar...tapi si bapak bilang tau tempatnya....tapi tetep pasrah aja)
>> tanya sama sopir.. malah nggak tau.. (heran deh...)
>> akhirnya si bapak ngajak turun di pertigaan yang menurut beliau jalan menuju balitsa dan akhirnya aku nurut aja...
>> kebetulan ada tukang Ojek..dan si bapak akhirnya bertanya-tanya...
>> Ternyata Balitsa itu ada di dua tempat....di Kantor dan rumah inap.. nah lho.. (tambha bingung deh...)
>> akhirnya si bapak telpon buat memastikan tempat seminarnya.... dan ternyata....


Dugaanku Benar >>>>kami berdua telah nyasar terlalu jauh dari tempat seminar....


>> nggak ada pilihan lain kecuali kembali dan naik ojek...
>> Fufuufu.... akhirnya... sampailah juga kami di BAlitsa..... 


>> Akhirnya aku ketemu sama dosenku...... dan Sorenya akhirnya aku presentasi...
>> Kacau... karena terlalu gugup... tapi dosenku tetep memberi semangat dan memberi bantuan saat aku diberi pertanyaan.....


>> akhirnya selesailah satu tugasku...
>> dan masalahku sekarang... aku akan menginap dimana...
>> di sisi lain.. para dosen dan para panitia sudah dipesankan kamar....

>> Ceritaku ini.. akan berlanjut di Part II....
>> So...Don't Miss It... !!!

Baca cerita selanjutnya di :  Berbekal Keyakinan dan Do'a >> YAkin ada Jalan (Part II)

2 comments: