Selamat Datang - Welcome to My Blog - 어서오세요 여러분 - أَهْلَنْ وَسَهْلَنْ

Friday, June 29, 2012

Uang Receh

      Di jaman sekarang, uang receh terkesan tidak "dihargai" karena ukurannya yang kecil dan nilai tukarnya yang rendah. Coba bayangin, di jaman sekarang, kalau membeli sesuatu dengan uang Rp 100,- kita bisa dapat apa? Permen aja sekarang Rp 500,- itu dapat 3 biji. Terbayang kembali di masa kecilku pas jaman SD dulu, hanya dengan uang Rp 100,- saja, aku udah bisa beli permen 4 biji.
http://www.emocutez.com       #Kembali ke masa lalu....
Coba inget jaman pas masih booming-boomingnya telepon umum (sebelum memasuki era handphone). Klo mau nelpon pake telepon umum, kita harus pake uang pecahan Rp 100,- atau Rp 500,- (seingatku, dulu pernah pake Rp 50,- juga...). Momen yang selalu kuingat klo pake telepon umum itu, pas ngedobrak-dobrak kotak telpon biar uang recehnya nggak ketelen... (kan lumayan juga uang recehnya pas di jaman segitu masih bisa buat beli jajan).
http://www.emocutez.com
   Klo misalnya nggak sengaja dobrak kotak telponnya terlalu "bersemangat", uang receh yang keluar bisa lebih dari satu biji (hal yang paling membahagiakan dari modus "ketidaksengajaan"). 
http://www.emocutez.com   Kita lihat aja di jaman sekarang telepon umum sudah jarang di pakai, dan bahkan telpon umum yang dulunya ada di lingkungan perumahan tempatku tinggal, sekarang udah dibongkar. Yah... emang semua harus mengikuti perkembangan jaman dan teknologi si...
    Satu hal lagi yang ku ingat terkait dengan uang receh. Mungkin sudah tidak asing lagi klo ada pengamen, pengemis, atau orang yang menawarkan jasa di kendaraan umum kita semua terkadang memberi nilai uang terkecil yang kita punya (aka. recehan). Menyinggung masalah orang yang menawarkan jasa tadi, contoh dari penawaran jasa ini banyak ku temui di kereta api maupun KRL. Contoh yang dilakukan oleh penawar jasa ini biasanya jasa semprot pengharum ruangan, tukang sapu-sapu sampah, pembersih kaca mobil di lampu merah. Sebenernya si, klo menurutku nggak terlalu penting ya soalnya pekerjaan yang dilakukan orang-orang ini sudah ada petugas khususnya. Tapi, sah-sah aja si selama pekerjaan mereka halal dan ada orang yang bersedia ngasih.

http://www.emocutez.com 
    Ada satu kejadian yang ku ingat pas aku dan teman-temanku menggunakan jasa kereta ekonomi tujuan jakarta-surabaya. Waktu itu ada ibu muda yang gendong anaknya sambil nyemprot-nyemprotin pengharum ruangan di satu seat tempat dudukan. Dan kebetulan, pas berhenti di dekat tempat duduk rombongan teman-temanku, kami benar-benar tidak punya uang recehan. Dan karena terburu-buru ngasih, temenku nggak ngelihat nominal uang recehan yang dia kasih ke ibu tersebut. Dan yang buat kita semua kaget adalah, ibu itu bilang "Uang segini dapet apa" sambil buang uang receh yang dikasih temenku itu di depan temenku tadi.
http://www.emocutez.com   Padahal temenku ngasih Rp 500,- klo nggak salah. Ato nggak sengaja ngasih Rp 100,- ya.. hee.. nggak inget juga. Hmm...begitu nggak berharganyakan uang recehan sekarang?
Aku jadi inget pepatah atau kalimat bijak >> "Klo nggak ada uang Rp 100,-, uang Rp 100.000,- nggak bakalan jadi Rp 100.000,- tapi cuma Rp 99.900,-"
Ini klo ngumpulin uang Rp 100.000,- nya dari kumpulan recehan Rp 100,-.
http://www.emocutez.com 
    Tapi ya, maksud sebenarnya dari kalimat tersebut kan intinya "Menghargai sesuatu yang bahkan dianggap kecil". Sekecil apapun nilai uang itu, tetap aja yang namanya uang ya tetap uang.
Buat nostalgiaku dan para blog walkers, aku sebenernya mau share foto-foto uang receh yang sebenernya udah ku koleksi sejak jaman SD dulu. Sayangnya banyak yang udah ilang, jadi aku mau share uang receh yang sudah ada.
    Nominal terkecil yang ku punya Rp 5,-.
Uang receh Rp 5,- ini ukuran aslinya sama seperti uang receh Rp 100,- yang gambarnya wayang (sayang banget aku nggak punya uang receh yang gambarnya wayang... T.T

Rp 5,-
Rp 10,- dengan 2 versi
Uang Rp 10,- sebelah kiri ukuran aslinya hanya sebesar kancing baju loh..
Rp 25,- dengan 2 versi

Jaman SD dulu, masih bisa beli permen pake Rp 25,- ini. Masih dapet permen satu biji loh...^^
Rp 50,- dengan 2 versi
Klo di jaman ibuku masih kecil dulu, beli bakso Rp 50,- masih bisa dapet semangkuk...woow...
Rp 100,- versi baru
Sekarang udah jarang banget nemuin pecahan uang Rp 100,- yang tebal (biasanya buat kerokan..hehhe), yang gambarnya wayang, sama yang merah (gambar kerapan sapi). Tapi kayaknya uang receh Rp 100,- ini bakalan punah karena sekarang udah ada recehan Rp 200,-.

http://www.emocutez.com 
Rp 200,-
Rp 1000,-
    Bahkan sekarang udah ada recehan Rp 1000,- yang menurutku malah mirip sama koin yang buat maen di Time Zone.

http://www.emocutez.com

Akankah uang recehan Rp 100,- nantinya akan bernasib sama seperti Rp 50,-?
Kemungkinan seperti itu pasti ada, tapi apakah nilai uang terendah rupiah akan selalu meningkat karena pengaruh dollar? Hmm..aku nggak begitu paham klo udah menyangkut masalah inflasi, kurs rupiah, de el el. Yang aku tau itu, hanya bagaimana cara kita lebih menghargai uang sekecil apapun nilainya...
   Oh ya... aku juga punya uang receh dari Kerajaan Brunei Darussalam...
10 sen
Di Indonesia, mana ada uang recehan sen...
Sampai sini dulu deh, share tentang uang receh...
Jangan lupa untuk "Menghargai segala sesuatu, meskipun banyak orang yang menganggap sesuatu itu kecil"

http://www.emocutez.com

2 comments:

  1. di indonesia ada sen ndro, tapi jaman kakek-nenek kita dulu dipakenya :D
    aku punya tuh 100 merah sama 1000 sawit. 500 merah 2 versi juga ada, yang pinggirnya bergerigi ama yang engga :D
    kalo 500 putih mah masih banyak ^^
    100 gambar wayang yang tipis aku punya, tapi yang tebel dah ilang :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo si.. jaman dulu malah ada satuan Rp 2 1/2,- tapi pake uang kertas..
      Wah, disimpen pe..itu kan udah langka banget..
      oh ya, uang recehan 500 yang merah ada 2 versi toh..aku agak lupa e..
      yang 500 putih juga belum ku cantumkan..
      soalnya nggak punya uang recehan..hahhaa..
      itu pernah dapet 100 yang tebel, cuman udah nggak tau entah kemana... -___-"

      Delete