Selamat Datang - Welcome to My Blog - 어서오세요 여러분 - أَهْلَنْ وَسَهْلَنْ

Monday, November 12, 2012

Tugu Simpang Lima Gumul – Kediri


Selama belajar TOEFL satu bulan di Pare, aku nggak melewatkan kesempatan buat keliling kota Kediri. Sebenarnya bukan mengelilingi kota Kediri, cuman kebetulan diajakin sama teman satu kelas TOEFL buat jalan-jalan sebelum pulang ke rumah masing-masing. Yah….beginilah cerita penuntut ilmu. Akan kenalan dan punya banyak teman yang asalnya dari mana-mana http://www.emocutez.com .

Mencari ilmu di tempat yang asing sangatlah menyenangkan,disamping kita mendapatkan tujuan utama kita, di tempat yang baru kita bisa memahami adat istiadat masyarakat disana, atau menemukan sesuatu yang unik dan aneh, yang tidak bisa kita dapatkan klo Cuma stagnan di tempat asal kita http://www.emocutez.com. Ceritanya nih, aku dan teman-temanku satu kelas baru mengenal secara intens pada saat terakhir. Kenapa pada saat terakhir?? Karena kita akrab di akhir program http://www.emocutez.com. Padahal selama satu bulan intensif belajar TOEFL, setiap hari ada dua kali pertemuan membahas soal structure, reading, bahkan listening. Selain itu, setiap selasa, kamis, dan sabtu diadakan scoring prediction TOEFL.

Menurut pendapat anak yang mengambil program lain, anak di kelas TOEFL terlalu serius sampai-sampai nggak kerasa program satu bulan begitu cepat berlalu http://www.emocutez.com. Memang iya si, karena terlalu sibuk sama targetan scoring TOEFL yang ingin dicapai, jadi ya pada sibuk belajar (padahal klo aku belajar pas mau scoring aja, dan walhasil targetan TOEFL 550 nggak tercapai)http://www.emocutez.com.
Awalnya rencana main ke Kediri ada dua pilihan, pertama ke Gunung Kelud dan yang kedua ke Gumul. Dan akhirnya diputuskan buat ke Gumul. Menurut cerita anak sekamarku yang asli Kediri, di Gumul itu tempatnya kayak di dataran tinggi, bisa lihat kota Kediri dari atas (dalam bayanganku, Gumul ku umpamakan kayak Puncak, Bogor)http://www.emocutez.com. Akhirnya, anak TOEFL yang mau ikutan, (setelah di data-data) ada kurang dari 10 orang termasuk aku. Lah…http://www.emocutez.com.

Kebanyakan alasannya sih, mepet sama tanggal pulang, ada yang udah pulang sebelum program malahan, dan kebetulan pas kemaren aku sebulan di Kediri pas bulan Ramadhan. Ya udahlah http://www.emocutez.com , daripada nggak jadi sama sekali, mendingan berangkat seadanya orang kan. Lagian aku udah pengen banget ke Gumul,dan aku nggak sanggup ngebayangin klo seandainya rencana buat jalan-jalan ke Kediri gagal http://www.emocutez.com.
Oh ya, sebelum diputuskan untuk nyewa angkot, sebenernya kita-kita punya rencana buat naik odong-odong (odong-odongnya bukan kuda-kudaan kecil Rp 1000,-an yah http://www.emocutez.com). Odong-odong disana itu semacam kereta mini yang isinya 10-12 orang. Kan seru tuh klo naik odong-odong sambil menikmati kota Kediri. Tapi akhirnya rencana naik odong-odong kandas di tengah jalan http://www.emocutez.com. Ternyata pak polisi tidak mengijinkan odong-odong sampai berkeliaran ke kota, dan klo tetap memaksa, besar kemumgkinan untuk ditilang. Yah…daripada bayar tilang, mendingan bisa buat beli jajan di gumul,,…http://www.emocutez.com

Itu alasan pertama. Alasan yang kedua, aku dapet cerita dari anak kamar klo anak kelasnya juga memakai jasa odong-odong tiga minggu sebelum aku dan kelasku punya rencana naik odong-odong. Dia dan temen-temennya juga ke Gumul waktu itu, nah sebelum berangkat, biasanya sopir memeriksa kondisi odong-odong. Maklum, perjalanan 1 jam pare-kediri akan menjadi 3 jam klo naik odong-odong http://www.emocutez.com. Ceritanya, baik penumpang maupun sopir odong-odong sudah menyadarisesuatu yang nggak bener. Ada satu ban odong-odong yang tampaknya “akan lepas”.

Jelasnya ada yang nanya lah, “Pak, ban nya kayaknya mau lepas tuh!”. Jawaban si bapak, “Tenang aja mas, masih belum lepas kok.”.
Jedueeeeng…http://www.emocutez.com.
Nah lho….
“Mau nunggu lepas ban nih ceritanya”http://www.emocutez.com
Akhirnya, mereka pasrah juga, dan di tengah jalan kejadian “ban lepas” tidak dapat dihindari http://www.emocutez.com. Dan mereka harus nunggu angkot carteran lagi selama 3 jam http://www.emocutez.com !! Untungnya nggak disuruh bayar buat angkot “penolong”.
-Kembali ke Gumul-
Akhirnya berangkatlah rombongan kecil kelas TOEFL ke Gumul. Sesampainya disana, ternyata Gumul tidak seperti bayanganku. Nggak tau harus kecewa atau seneng http://www.emocutez.com. Tapi yah… yang penting rame-ramean lah ya. Di Gumul, memang banyak pedagang yang berjualan makanan, aksesoris, permainan anak kecil, ya semacam pasar malem.  Tapi nggak serame di Dufan (Loh…http://www.emocutez.com). Setelah berbuka puasa dan sholat, akhirnya kami bergerilya mencari makanan kuliner khas Gumul (soalnya kalo kalian mau nyari makanan khas Kediri, jelas nggak ada di Gumul)http://www.emocutez.com.

Setelah puas kuliner, kami berjalan ke suatu gerbang. Awalnya ku kira gerbang masuk museum, eh tapi ternyata setelah masuk, ada lorong dan banyak tangga yang menuju ke atas.
Pintu masuk ke Tugu
 Dan akhirnya sampailah kami di atas bangunan yang ternyata diberi nama “Tugu Simpang Lima”. Nggak ada apa-apa sih disana, Cuma ada monumen dengan gambar-gambar di lima sisi, trus ada beberapa patung candi juga. Oh ya… ada free hotspot, cuman bagi yang tau username sama passwordnya aja http://www.emocutez.com.
salah satu sisi tugu
 Lebih bagus pemandangan di malam hari, karena di tugu ini mengandalkan banyak permainan lampu. Dinamakan simpang lima karena simpangan ini menghubungkan Kediri dengan 5 kota (cuman lupa apa aja, salah satunya Nganjuk).
masih di sisi yang sama
suasana malam di depan tugu
sisi kedua tugu
sisi ketiga
patung GAnesha
 Setelah puas foto-foto http://www.emocutez.com dan bergaya ala apa aja di Simpang Lima, akhirnya aku dan teman-temanku menyudahi petualangan disana. Sedih memang jika harus berpisah http://www.emocutez.com, setelah mengenal dalam waktu singkat. Akan tetapi, sampai sekarang aku masih ingat slogan yang sering dikumandangkan mas Ketum
                                                                        “See U on The Top” http://www.emocutez.com.
Insya Allah http://www.emocutez.com
NB : menuntut ilmu itu seru, dan aku selalu ingin menjadi mahasiswa http://www.emocutez.com

No comments:

Post a Comment